Diberdayakan oleh Blogger.

MEMBUAT SURAT MASAL (MAIL MARGE)





Gunakan mail marge apabila anda ingin membuat satu set dokumen, seperti surat undangan dan amplop yang dikirim ke banyak orang dengan nama dan alamat yang berbeda namun tujuan suratnya sama.

Mail Merge adalah salah satu fasilitas yang disediakan Microsoft Word untuk membuat surat masal seperti surat undangan. Mail Merge dapat membuat surat, mencantumkan nama tamu undangan dan membuat amplop secara masal. Untuk menggunakan fasilitas Mail Merge kita harus menggabungkan dua buah file. File pertama merupakan dokumen utama, berisi surat yang akan kita kirim. File kedua merupakan sumber data, berisi data alamat yang akan dikirim surat.



Mail marge dapat dibuat apabila anda mempunyai sebuah dokumen utama (Main Dokumen) misalnya Surat, Amplop, label dan lain sebagainya serta sumber data (Data sourse) yang berisi data-data yang ditulis yang ditulis dalam bentuk tabel atau dari data base lain seperti Microsoft Excel, Microsoft Access, Microsoft Outlook  dan sebagainya.

1.         MAIL MARGE PADA SURAT

Untuk membuat mail marge dalam bentuk surat adalah sebagaimana panduan yang berikut ini:
  •  Aktifkan Microsoft Word  yang anda miliki pada saat saya membuat tutorial ini saya menggunakan Microsoft Word 2010. Kemudian buat dokumen baru.

  • Kemudian Klik tab  Mailings, group Start Mail Merge Klik anak panah ke bawah lalu klik Letter (untuk membuat mail merge bentuk surat) seperti gambar dibawah
     

    1
















  • Setelah itu ketik isi surat sesuai keinginan misalnya seperti berikut ini


  • Kemudian pada Tab Mailings, Group Start Mail Merge, Klik anak panah bawah pada Select Recipients lalu klik Type New list.... sehingga tampil kotak dialog New Address List seperti berikut:

  • Selanjutnya klik tombol Customize Columns  untuk untuk mengubah field yang tersedia sesuai dengan keinginan sehingga kotak dialog Customize Address List seperti berikut: 


  • Klik mengubah nama field sesuai dengan kebutuhan data lakukan langkah berikut
Ø    Klik nama field kemudian tekan tombol Delete  selanjutnya di layar akan tampil kotak dialog seperti berikut, klik tombol Yes.


Ø     Ulangi langkah diatas untuk menghapus seluruh nama field lain yang ada dalam kotak dialog Customize Address List.
  • Setelah itu jika seluruh nama field  sudah terhapus klik tombol Add pada kotak dialog Customize Address List untuk membuat nama field baru sesuai yang diingikan misalnya dalam contoh ini dibuat dua buah field yang diberi judul  Nama  dan Alamat lalu klik tombol OK.

  • Ulangi langkah 7 di atas untuk membuat field-field yang lainnya sehingga kotak dialog terlihat seperti berikut:




  •      Setelah itu Tekan tombol  Ok  dan isi data sesuai keinginan pada kotak dialog New Address List  seperti gambar berikut:



  •       Untuk pindah pada baris selanjutnya tekan tombol Tab atau Klik tombol New Entry. 
  •           Jika sudah selesai klik tombol Ok untuk menutup kotak dialog New Address List. 
  •       Selanjutnya dilayar akan tampil kotak dialog Save Address List, ketik nama field misalnya Data Undangan lalu klik tombol Save. 
  •          Setelah itu tempatkan titik sisip teks/Kursos di samping Kepada Yth, seperti dalam kotak :








   
  •        Untuk melihat hasil Klik Tombol Preview Results
  •        Demikian cara untuk membuat surat masal (Mail Merge)